Closs Topology Dengan Mikrotik

Jaringan komputer adalah sebuah kumpulan dari beberapa komputer dihubungkan secara elektronik. Pengertian jaringan komputer adalah sebuah sistem yang terdiri atas komputer-komputer yang didesain untuk dapat berbagi sumber daya, berkomunikasi, dan dapat mengakses informasi secara bersama.

Mikrotik merupakan sistem operasi berupa perangkat lunak yang digunakan untuk menjadikan komputer menjadi router jaringan. Sistem operasi ini sangat cocok untuk keperluan administrasi jaringan komputer, misalnya untuk membangun sistem jaringan komputer skala kecil maupun besar.

Data center atau pusat data memang sudah tidak asing lagi di jaman teknologi ini. Statista bahkan memprediksi ada 7.2 juta data center pada tahun 2021 ini.

Topology Umum Datacenter

Jaringan datacenter pada umumnya menggunakan topologi 3 layer. Topologi ini terdiri atas core layer (sebagai penghubung jaringan internal ke jaringan eksternal datacenter), aggregation layer (sebagai penghubung antar jaringan internal datacenter), dan access layer (sebagai penghubung antara jaringan internal datacenter dengan jaringan pengguna/server dibawahnya). Jika diamati, topologi ini tertata secara hirarki dari vertikal, disebut dengan topologi North – South.
Kendala yang terjadi adalah ketika jaringan datacenter akan dikembangkan, adalah memerlukan peralatan jaringan yang harus di konfigurasi khusus. Selain itu topologi ini memiliki tingkat resiko yang cukup tinggi dengan putusnya layanan jaringan datacenter saat proses pengembangannya.

Closs Network

Clos Network adalah jenis topologi jaringan yang ditemukan oleh Edson Erwin di tahun 1938 dan pertama kali diformalkan oleh Charles Clos pada tahun pada tahun 1952. Konsep dasar Clos Network adalah terbagi menjadi 2 bagian, yaitu spine dan leaf.
Spine merupakan sebutan untuk alat-alat jaringan yang menjadi titik tumpu distribusi, baik untuk jaringan eksternal maupun jaringan internal. Terhubung pada kelompok spine adalah jaringan leaf, dimana peralatan-peralatan dalam kategori ini merupakan peralatan jaringan yang berhubungan langsung dengan jaringan eksternal, atau jaringan internal.
Pada topologi Clos Network, setiap pengembangan jaringan datacenter hanya perlu menambahkan beberapa kelompok leaf kepada kelompok spine. Apabila akan menambahkan leaf dengan jumlah slot pada suatu kelompok spine yang sudah penuh, maka penambahan alat spine bisa dengan mudah ditambahkan tanpa mempengaruhi jaringan diatas atau dibawahnya.
Konsep Clos Network ini sering disebut dengan East – West Topology, dimana topologi jaringan dapat dikembangkan secara horizontal.

Pages: 1 2 3 4 5